Saturday, December 1, 2012

RESEP BATAGOR SEDERHANA ENAK KHAS BANDUNG ASLI

Diposkan oleh Sandi Wijaya
RESEP BATAGOR SEDERHANA ENAK KHAS BANDUNG ASLI. Ini contoh artikel resep batagor sederhana walaupun sederhana rasanya ga kalah dengan resep batagor Riri Bandung, resep batagor Kingsley Bandung, Batagor Abuy, Batagor Burangrang, Batagor Keliling, Batagor Darto Bandung ataupun resep batagor Ihsan. Batagor (Baso Tahu Goreng) yang memiliki sejarah sebagai berikut : Pada umumnya Batagor terbuat dari Ikan Tenggiri namun sekarang berkembang ke batagor berbahan udang, ayam, daging dan Sayur sebagai bahan dasarnya dan dibumbui komplit dengan saus kacang seperti layaknya Siomay Bakso Tahu kemungkinan jenis kuliner asli Kota Bandung ini terinspirasi dari Bakso Cuanki, Bakso Tahu Siomay dan Pempek Palembang menurut asal-usulnya terdapat banyak versi pendapat :

SEJARAH ASAL USUL BATAGOR (BAKSO TAHU GORENG)

Pendapat 1 : Suatu hari ada seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di Bandung yang sedang sibuk-sibuknya ngerjain TA. Malahan saking sibuknya, dia ngerjain sampai larut malam. Sedang ngerjain TA malam hari, dia merasa lapar, akhirnya dia nyoba nyari makanan di luar. Ketemu sih sama penjual Bakso Tahu tapi si penjual ini menolak untuk melayani si mahasiswa ini dengan alasan sudah malam dan akan rugi kalo harus melayani satu pelanggan saja. Tanpa putus asa dan demi menghilangkan rasa laparnya, si mahasiswa malah menyarankan ke penjual untuk menggoreng saja Bakso Tahu itu. Si pedagang setuju dan tanpa disadari bahwa mereka sebenarnya telah menemukan jenis makanan baru dari makanan yang sudah ada sebelumnya. Dari situlah kata batagor ditemukan yang merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Pada akhirnya berkembang variasi serta aneka kreasi batagor, seperti : Batagor Kuah, Batagor Pangsit, dll.

Pendapat 2 : Ternyata Batagor lahir dari ketidaksengajaan. Saat itu, Isan atau Ihsan adalah penjual bakso keliling di seputaran Jalan Kopo, Bandung Tahun 1973.
Suatu ketika, bakso yang dijajakan kurang laku. Setiap hari ia memilikirkan mau diapakan bakso, tahu, yang tak terjual ini. Apakah harus dibuang, atau diolah lagi supaya tetap menghasilkan uang.
Ide sederhana untuk menggoreng sisa baso tahu tersebut muncul dan ia lakukan jika dagangannya tersisa. Pada awalnya baso tahu yang digoreng tersebut ia bagikan pada tetangga, namun ternyata para tetangganya sangat menyukainya. Malah ada tetangga yang diminta untuk dibuatkan.
Melihat antusiasme tersebut, Isan mulai mencoba menjajakan baso tahu yang telah digoreng bersama baso tahu yang biasa  ia jual. Di luar perkiraannya, ternyata peminatnya banyak, bahkan berdagang bakso tahu yang dogoreng lebih laku dari berjualan bakso saja.
Akhirnya Isan lebih banyak mengembangkan Bakso Tahu yang digoreng, dengan memberikan aroma dan rasa ikan lebih kuat dan lebih banyak, dengan sambal khusus, sehingga masyarakat lebih banyak menyebitnya Batagor, seperti yang kita kenal saat ini.
Sejak saat itu Isan mengalami peningkatan pelanggan. Hingga di awal tahun 80 an  ia menyewa sepetak lahan untuk berjualan agar tidak perlu berkeliling kampung lagi.
Baso tahu gorengnya mulai banyak dikenal. Banyak pula yang menirunya, terutama yang berjualan di seputar Bandung. Akibat demam Baso Tahu Goreng yang terjadi saat itu di Bandung, maka kala itu banyak pelanggan yang menyebutnya dengan seputan pendek Batagor. 

Sekarang Anda dapat membuat sendiri batagor yang lezat ini, berikut resep batagor bandung spesial yang dilengkapi dengan cara bikin nya :

BAHAN :
  • 150 gram udang kupas, dicincang
  • 150 gram daging ayam, dicincang
  • 5 buah tahu putih besar, dipotong diagonal membentuk segitiga
  • 9 lembar kulit pangsit goreng
  • 6 sendok makan tepung kanji/tapioka
  • 3 sendok makan minyak wijen
  • 1 batang daun bawang, dirajang halus
  • 1 butir telur
  • Garam secukupnya
BAHAN SAUS KACANG :
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh cuka
  • 150 gram kacang tanah digoreng dan dihaluskan atau pindakaas/selai kacang 4 buah cabai merah dikeluarkan biji,dipotong-potong dan digoreng, dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
CARA MEMBUAT BATAGOR SEDERHANA KHAS BANDUNG SPESIAL :
  1. Keruk isi tahu untuk memberi tempat bagi adonan baso.
  2. Kocok telur kemudian masukkan udang dan ayam yang telah dicincang, tepung kanji, minyak wijen, garam dan rajangan daun bawang.
  3. Aduk rata hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.
  4. Masukkan adonan ke dalam tahu yang telah dikeruk isinya tadi.
  5. Untuk pangsit, ambil sedikit adonan, letakkan ditengah-tengah kulit pangsit, lalu ke empat sudut kulit pangsit disatukan dan ditekuk keluar.
  6. Panaskan minyak dalam panci atau penggorengan.
  7. Goreng tahu dan pangsit dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  8.  Pada saat menggoreng, tahu dan pangsit sebaiknya terendam seluruhnya dalam minyak (deep fried).
CARA MEMBUAT SAUS KACANG ENAK :
  1. Campur kacang tanah goreng yang telah dihaluskan atau selai kacang dengan cabai merah goreng yang telah dihaluskan, gula pasir, cuka, garam dan air.
  2. Panaskan sebentar hingga mendidih dan mengental.

Search

Loading...
 

Copyright © 2011 Resep Masakan Sederhana Sehari-hari | Design by Kenga Ads-template