KHASIAT DAN MANFAAT KOPI LUWAK UNTUK KESEHATAN TUBUH

Diposkan oleh Sandi Wijaya
KHASIAT DAN MANFAAT KOPI LUWAK UNTUK KESEHATAN DAN STAMINA TUBUH. Bagi para pecinta kopi dan penikmat minuman kopi pasti penasaran untuk bisa mencicipi kopi luwak. Selain aroma dan citra rasanya yang nikmat membelai lidah khasiat kopi pun diyakini dapat meningkatkan stamina tubuh. Uniknya, kopi ini diolah dari biji kopi yang dihasilkan oleh hewan luwak bersamaan dengan keluarnya kotoran hewan tersebut.

Biji kopi luwak yang belum diproses, bentuknya seperti kotoran hewan, karena memang merupakan kotoran dari binatang luwak, sejenis tupai yang memakan buah kopi. Meski berupa kotoran, namun biji kopi ini tidak berbau busuk dan rasanya tidak berubah. Bahkan kopi luwak diyakini mengandung zat tertentu yang bisa meningkatkan stamina tubuh.

5 (lima) Khasiat Dan Manfaat Kopi Luwak Bagi Kesehatan Manusia :
  1. MENCEGAH PENYAKIT SARAF, Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.
  2. MELINDUNGI GIGI, Kopi yang mengandung kaein memiliki kemampuan anti – bakteri dan anti lengket sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.
  3. MENURUNKAN RISIKO KANKER PAYUDARA, Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 (empat) cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 (empat) cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini. Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal - kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.
  4. MELINDUNGI KULIT, Konsumsi 2 - 5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel - sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.
  5. MENCEGAH DIABETES, Orang yang mengonsumsi 3 - 4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.
Proses penyajian kopi luwak berbeda dengan pembuatan kopi biasa. Dimana bubuk kopi luwak langsung dimasak didepan pembelinya dengan alat yang disebut mocca pot. Alat ini akan menghasilkan espreso yang memang benar-benar nanti akan menimbulkan kremnya, seperti busa yang ada diatas kopi yang menandakan bahwa kopi itu fresh dan segar) dari kopi itu sendiri," jelas seorang pembuat kopi luwak.

Setelah 5 menit, kopi luwak siap disajikan. Biasanya dengan diberi tambahan gula dan krimer. Satu porsi atau mocca pot kopi luwak relatif mahal yakni 200 ribu rupiah yang biasanya cukup disajikan untuk 3 orang dengan menggunakan cangkir kecil.

Meski harganya relatif mahal, namun peminat kopi luwak cukup banyak, karena kopi luwak diyakini berkhasiat meningkatkan stamina tubuh.

Bagi yang ingin mencicipi Kopi Luwak ini silahkan datang di kedai kopi atau Coffee Shop.


11:10 PM
 

Copyright © 2011 Resep Masakan Sederhana Sehari-hari | Design by Kenga Ads-template | Powered by Blogger